Cara Mengganti Template Wordpress Supaya Lebih Keren

Posted by Unknown on Sunday, November 2, 2014

Artikel ini adalah lanjutan dari artikel Cara Membuat Website yang saya buat sebelumnya, jadi agar tidak bingung saya sarankan Anda untuk membaca rangkaian tutorial berseri ini dari awal, silahkan klik disini untuk membaca tutorial Part I.

Cara Mengganti Template Wordpress atau lebih tepatnya Theme Wordpress (karena sebutan template digunakan untuk blogger dengan format script xml) sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan, namun terkadang kita merasa kesulitan, karena mungkin baru pertama kali menggunakan Wordpress, jadi kita masih asing dengan menu-menu yang ada.

Namun, jangan khawatir, karena disini saya akan membantu Anda untuk mengubah tampilan theme wordpress Anda menjadi lebih keren dan menarik hanya dengan satu klik.

Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk mengedit template Wordpress :

  1. Buka wordpress administrator

    Cara Mengganti Template Wordpress

    Caranya adalah dengan menambahkan url wp-admin di akhir alamat / url website Anda, sebagai contoh saya punya website dengan alamat cbb.nazuka.com maka pada bagiana akhir url akan saya tambah wp-admin, maka jadinya cbb-nazuka.com/wp-admin. Selanjutnya silahkan masukkan username dan password

    perlu dicatat pada tahap ini Anda tidak boleh salah memasukkan username / password lebih dari 3x jadi, pastikan mengetik username & password dengan benar

  2. Masuk ke menu Themes

    Cara Mengganti Template Wordpress

    Setelah Anda berhasil log in ke akun Wordpress, selanjutnya silahkan Anda klik Apperance > Themes. Maka nantinya akan muncul pilihan theme wordpress yang bisa Anda install secara gratis.

  3. Klik theme twenty ten

    Cara Mengganti Template Wordpress

    Pada contoh ini saya akan mengubah theme wordpress Twenty Eleven menjadi Twenty Ten, yang menurut saya priadi lebih keren dan kece.

  4. Klik 'activate'

    Cara Mengganti Template Wordpress

    Untuk mengaktifkan theme tersebut silahkan klik activate 'Twenty Ten', tombol ini berada di bagian pojok kanan atas, lihat gambar diatas agar lebih jelas.

  5. Cek website Anda

    Cara Mengganti Template Wordpress

    Silahkan kunjungi website Anda, apakah theme sudah berhasi Anda ganti atau belum. Jika tampilan sudah mirp screenshot diatas, maka saya ucapkan selamat, karena Anda sudah berhasil merubah tampilan / theme wordpress.

Pada contoh diatas saya menggunakan wordpress dengan versi 3.3, jadi pilihan theme yang tersedia juga sangat terbatas, bahkan hanya ada Twenty Ten dan Twenty Eleven saja. Maka saya sarankan untuk Anda pengguna Wordpress v.3 silahkan diupgrade ke versi terbaru yaitu Wordpress v.4 agar bisa menggunakan theme wordpress terbaru 2014.
Bagikan ke Teman Anda yang ada di

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment