Cara Membuat Website Sendiri Dari Awal Untuk Pemula

Posted by Unknown on Thursday, October 30, 2014

Cara Membuat Website sendiri, mungkin sudah banyak dibahas oleh Blogger lain, namun sayangnya rata-rata tutorial membuat website yang ada di Google tidak ditulis dari awal, dan hal tersebut tentu akan membuat bingung para pemula yang benar-benar buta akan pemrograman web, sehingga mereka akan sulit untuk mengikuti tutorial yang diberikan.

Atas dasar itulah, disini saya ingin mencoba menuliskan tutorial membuat website dari awal, dengan tujuan agar mudah dipahami oleh pemula sekalipun. Jadi untuk teman-teman yang mungkin baru pertama mengenal dunia Website, tetap akan bisa dengan mudah mengikuti tutorial buat web yang akan saya berikan.

Cukup sudah basa-basinya, sekarang kita kembali ke topik. Dalam pembuatan website ada dua komponen penting yang harus kita persiapkan :

  • Hosting
  • Domain

Namun, tenang saja, kedua hal / komponen tersebut bisa kita dapat secara gratis melalui berbagai penyedia Hosting, dan salah satu penyedia Hosting yang terpopuler di Indonesia saat ini adalah idhostinger dan nazuka.

Di artikel ini, saya akan mengajarkan kepada Anda, bagaiamana cara membuat website dengan hosting Nazuka, karena untuk tutorial membuat website di idhostinger sudah banyak yang membahasnya, jadi saya pilih Nazuka, karena masih sedikit blogger yang mengulasnya.

Sebelum membuat website di Nazuka, kita perlu menyiapkan terlebih dahulu satu akun email aktif, jika Anda belum punya dan binung bagaimana cara membuatnya, silahkan baca artikel cara membuat email disini

Setelah email jadi, silahkan ikuti tutorial dibawah ini untuk membuat website baru secara Gratis.

  1. Kunjungi http://nazuka.net/

    Cara Membuat Website

    Setelah halaman terbuka, silahkan Anda klik 'Sign Up Now!' untuk membuat akun baru di Nazuka.

  2. Isi setiap kolom

    Cara Membuat Website

    Masukkan nama, alamat email dan password baru yang nantinya akan Anda gunakan untuk Log In ke Cpanel Nazuka.

  3. Konfirmasi email

    Cara Membuat Website

    Buka akun email Anda, lalu cari email dari Nazuka yang berjudul "Client Sign Up Confirmation" selanjutnya silahkan klik link yang ada di dalam email tersebut.

  4. Pilih unlimited free hosting plan

    Cara Membuat Website

    Akan ada dua pilihan disana, karena ini hnya percobaan saja, maka saya pilih paket hosting yang gratis / free hosting.

  5. Masukkan alamat website

    Cara Membuat Website

    Pada kolom subdomain, isikan alamat website Anda, lalu jangan lupa masukkan captcha sesuai dengan gambar, selanjutnya silahkan klik Create.

  6. Klik switch

    Cara Membuat Website

    Setelah kita berhasil memesan nama domain & hosting, kita tunggu sebentar kira-kira 10 - 30 detik, setelah itu silahkan Anda reload (klik F5), dengan begitu akan muncul tombol Switc.

  7. Klik auto installer

    Cara Membuat Website

    Scroll kebawah, lalu cari dan klik menu Auto Installer yang berada di Kolom Website. Lebih jelasnya silahkan perhatikan gambar diatas.

  8. Pilih cms website

    Cara Membuat Website

    Selanjutnya kita akan memilih CMS yang akan kita gunakan sebagai 'baju' dari website yang akan kita buat. Saya sarankan untuk memilih wordpress saja, karena wordpress sangat mudah untuk dikostumisasi.

  9. Masukkan username dan password

    Cara Membuat Website

    Silahkan Anda masukkan Administrator username & Administrator password, ini akan kita gunakan untuk Log In ke website, jadi pastikan Anda memasang username dan password yang panjang, untuk mengamankan website Anda dari tangan jahil orang yang tidak bertanggung jawab.

  10. Catat semua data penting

    Cara Membuat Website

    Saran saya silahkan Anda copy paste semua data tersebut, yang meliputi Admin, Database username & password, lalu simpan di notepad. Ini untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda lupa password.

  11. Kunjungi website Anda untuk melihat hasilnya

    Cara Membuat Website

    Untuk memastikan apakah website yang Anda buat sudah jadi atau belum, caranya sangat mudah, cukup ketikkan alamat blog Anda, lalu lihat jika tampilan sudah seperti gambar diatas, maka itu artinya Anda sudah berhasil membuat website baru.

Diatas kita baru belajar cara membuat website menggunakan CMS Wordpress, dan selanjutnya kita akan belajar bagaimana cara mengganti tampilan / theme website wordpress yang baru kita buat tadi. Tutorial untuk mengubah / mengganti  template wordrpess agar menjadi lebih keren bisa Anda baca di artikel berikut ini http://carabuatbaru.blogspot.com/2014/11/cara-mengganti-template-wordpress.html.
Bagikan ke Teman Anda yang ada di

{ 0 comments... read them below or add one }

Post a Comment